Belajar Membuat Form Menggunakan PHP (PHP4)

Kali ini saya akan membagikan ilmu yang baru saya dapatkan.Yaitu belajar membuat form inputan menggunakan HTML dan PHP.Post ini juga ada hubungannya dengan post sebelumnya,antara lain di post kali ini saya memakai array pada php.

Langkah-Langkah

1.Anda hanya saja perlu mengetikan script-script seperti gambar dibawah ini. Dan anda bisa menyimpan file html ini dengan nama Form.php


KETERANGAN
Line 9 :
Didalam tag form,ada yang namanya action,yang berfungsi agar form yang kita telah isikan bisa masuk pada script.php.
Line 15 :
Pada tag input,ada "name="nama"" yang berfungsi memberikan inputan ini nama dengan nama "nama".
Line 19:
Sama seperti Line 15.

Line 25 & 27:
Sama seperti Line 15 & 19, tetapi type pada input ini adalah radio button.
Line 33:
Tag berfungsi sebagai inputan yang bertype combo box, dan option itu adalah pilihan yang akan keluar kebawah jika kita meng-kliknya.
Line 41:
Textarea memberikan kita untuk memasukan inputan dengan jumlah karakter yang sangat banyak.
Line 47 - 52:
Pada script php itu maksudnya angka awal pada combobox hari itu adalah 1, dan nilainya akan bertambah 1 terus hingga hasil akhirnya 31.
Line 54 - 59:
Jumlah bulan ada 12,dan disini saya menggunakan array dan memasukkan nama-nama bulan dari januari sampai desember.dan pada rumus didalam for, nilai i yang awalnya 0 akan bertambah terus hingga hasilnya 12, dan angka 1 akan menjadi januari , angka 2 akan menjadi februari dst.
Line 61 - 63:
Angka awal yang saya gunakan adalah 1995 dan terakhir adalah 2014.
Line 66 :
Tag tersebut akan membuat tombol submit untuk berpindah ke file script.php.

2.Ini adalah script pada file script.php
 Di script tersebut saya menggunakan IF karena jika radio button yang dipilih adalah Laki-laki maka yang akan keluar adalah "Saudara",sedangkan bila radio button yang dipilih adalah Perempuan maka yang akan keluar adalah "Saudari".
3.Hasil yang akan anda dapatkan seperti ini.


sekian post dari saya. semoga ilmu ini dapat Anda kembangkan menjadi ilmu yang lebih baik!!
SEE YOU NEXT POST!!!



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment

Pages

Total Tayangan Laman

Powered by Blogger.

Labels

Pengikut

Popular Posts