OSI Layer : 1. Physical Layer (lapisan fisik)

Physical Layer

Sebelum kita membahas tentang "Physical Layer", alangkah baiknya bila kita mengetahui apa itu "OSI" dan sejarahnya. OSI (Open System Interconnection) adalah system yang dibuat pada tahun 1984 oleh ISO (Internasional Standarizaation organization). OSI tercipta dikarenakan dulu untuk melakukan pengiriman data antar komputer cukup susah,karena perbedaan arsitektur jaringan pada tiap perusahaan komputer. Dengan adanya OSI ini, untuk melakukan proses pengiriman data lebih mudah.
OSI  terdiri dari 7 layer (lapisan) antara lain Physical, Data-Link, Network, Transport, Session, Presentasion, Application. 
Disini, saya akan membahas tentang layer yang paling dasar, yaitu Physical Layer.

PHYSICAL LAYER adalah layer dimana yang berhubungan dengan masalah kabel dan peripheral jaringan. Physical Layer ini adalah lapisan dari OSI yang langsung berhubungan dengan kabel dan signal.
Macam - macam kabel :
1. Kabel UTP cat3 : Kabel UTP dengan kualitas transmisi yang didesign untuk mendukung komunikasi data dan suara dengan kecepatan hingga 10Mbps .
2. Kabel Coaxial : Kabel Coaxial adalah kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini digunakan untuk mengirimkan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 Khz.
3. Kabel Fiber Optic : Kabel yang terbuat dari kaca untuk menghantarkan cahaya infrared. Kabel ini digunakan untuk transmisi komunikasi.

Macam - macam periperal jaringan:
1. HUB :
alat penghubung antar user.
2. Swicth : alat penghubung antar user tetapi melalui port-port yang dituju.
3. Router : alat untuk menerima dan membagi data kepada user.
4. Brigde : alat untuk menguatkan signal dan juga dapat mengirimkan data kepada user- user yang dituju.

Tugas dari physical layer antara lain mentransmisikan atau mengirimkan data berupa binery digit ke physical layer di perangkat lain melalui kabel maupun wireless. Physical layer juga mengatur volt yang dibutuhkan untuk mengirim tiap bit 1 maupun bit 0 

referensi :

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment

Pages

Total Tayangan Laman

Powered by Blogger.

Labels

Pengikut

Popular Posts